Kehidupan di bidang kebudayaan di Kerajaan Kediri yang menonjol adalah dengan berkembangnya seni

Posted on

Kehidupan di bidang kebudayaan di Kerajaan Kediri yang menonjol adalah dengan berkembangnya seni sastra dan pertunjukan wayang (wayang Panji). Terangkan beberapa karya sastra yang terkenal di Kerajaan Kediri!


Jawab :

Berikut beberapa karya sastra yang terkenal di Kerajaan Kediri.

a.Kitab Baratayudha, ditulis pada zaman Raja Jayabaya. Kitab ditulis untuk memberikan gambaran terjadinya perang saudara antara Panjalu melawan jenggala. Dalam perang saudara tersebut digambarkan dengan perang antara Kurawa dan Pandawa yang keduanya merupakan keturunan Barata.

b. Kitab Kresnayana, ditulis oleh Mpu Triguna pada zaman Raja Jayaswara. Kitab berisi mengenai perkawinan antara Kresna dan Dewi Rukmini.

c.Kitab Smaradhahana, oleh Mpu Dharmaja pada zaman Raja Kameswara. Kitab menceritakan tentang sepasang suami istri, Smara dan Rati, yang menggoda dewa Syiwa yang sedang bertapa. Smara dan Rati mendapat kutukan dan mati terbakar oleh api (dhahana) karena kesaktian dewa Syiwa. Namun, mereka dihidupkan lagi serta menjelma sebagai Kameswara dan permaisurinya.

d. Kitab Lubdaka. Ditulis oleh Mpu Tanakung pada zaman Raja Kameswara. Kitab berisi tentang seorang pemburu bernama Lubdaka yang sudah banyak membunuh. Suatu ketika Lubdaka mengadakan pemujaan yang istimewa kepada Syiwa sehingga rohnya yang seharusnya masuk neraka menjadi masuk surga.

#

Jangan lupa komentar & sarannya