58 Quiz Materi Uang Beserta Jawaban

Posted on

Untuk Soal Selanjutnya

0. Mengapa semakin tinggi tingkat harga umum permintaan akan uang akan semakin bertambah?

Jawaban:

Karena harga barang dan jasa bertambah mahal, dan untuk membelinya diperlukan uang yang lebih banyak pula dan mengakibatkan permintaan akan uang juga semakin bertambah

1. Kenapa uang sebagai alat satuan hitung?

Jawaban:

Sebagai Satuan Hitung (unit of account) karena uang dapat digunakan untuk menunjukan nilai berbagai macam barang atau jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Uang juga dipakai untuk menentukan harga barang atau jasa (alat penunjuk harga).

2. Apakah fungsi uang sebagai alat investasi?

Jawaban:

Dengan kata lain, uang juga berfungsi sebagai alat investasi guna memenuhi kebutuhan seseorang di masa mendatang.

3. Apa saja perbedaan nilai uang dan uang?

Jawaban:

Sebagaimana diketahui, uang merupakan bentuk fisik dari alat transaksi. Bentuknya dapat berupa emas, perak, kertas, atau logam. Sementara itu mata uang merupakan nilai yang dimasukkan dalam kertas atau logam. Contoh, koin seribu rupiah, koin tersebut merupakan uang dan seribu rupiah merupakan mata uang.

4. Bagaimana cara mengetahui keaslian uang?

Jawaban:

Aspek pertama, ketika dilihat uang asli terdapat gambar utama yaitu gambar tokoh pahlawan, kemudian tertulis nominal pecahan, terdapat benang pengamat, dan tinta berubah warna. Aspek Kedua, ketika diraba, tekstur uang asli terasa kasar pada bagian tertentu, dan ada kode tunanetra (blind code).

5. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah uang inti di masyarakat?

Jawaban:

Jumlah uang inti di masyarakat meningkat karena tiga sebab-sebab; Surplus neraca pembayaran, Defisit APBN yang dibiayai dengan pencetakan uang baru, Kenaikan kredit bank sentral kepada bank-bank dan kepada lembaga-lembaga lain.

Artkel Terkait  Sebutkan tahap-tahap dalam lari jarak pendek/sprint

6. Bagaimana tingkat suku bunga dapat mempengaruhi jumlah uang beredar?

Jawaban:

Kenaikan suku bunga pada umumnya berpengaruh terhadap penurunan jumlah uang beredar di bank dan sebaliknya penurunan suku bunga bank akan mendorong peningkatan jumlah uang beredar.

7. Siapa yang pertama kali menemukan uang?

Jawaban:

Pada masa Dinasti Tang akhirnya uang kertas berhasil diciptakan oleh Ts’ai Lun dengan memakai kulit kayu murbei. Sejak masa itu, mulai terbentuk negara-negara setelah mengalami perjalanan sejarah yang panjang.

8. Apa kelemahan uang logam?

Jawaban:

Bahan baku uang logam lebih bernilai dan banyak digunakan untuk membuat barang selain uang sehingga makin lama bahannya makin langka. Logam pembuat uang logam adalah alumunium, kuningan, dan nikel

49. Bagaimana sifat uang?

Jawaban:

Adapun sifat-sifat uang itu sendiri adalah: Portability, yakni uang mudah untuk dibawa. Durability, uang tidak mudah rusak dan memiliki ketahanan yang lama. Acceptability, uang disukai dan diterima semua orang.

50. Siapa penemu uang pertama di Indonesia?

Jawaban:

Sedangkan pelukis pertama Oeang Republik Indonesia (ORI) adalah Abdulsalam dan Soerono. Melalui Keputusan Menteri Keuangan tanggal 29 Oktober 1946 ditetapkan berlakunya uang ORI secara sah mulai 30 Oktober 1946 pukul 00.00. Undang-Undang tanggal 1 Oktober 1946 menetapkan penerbitan ORI.

51. Mengapa harus ada proses perubahan jumlah uang yang beredar?

Jawaban:

Kita perlu memantau perubahan pasokan uang beredar karena perubahan tersebut mempengaruhi tingkat harga sekuritas, inflasi, nilai tukar, dan siklus bisnis. Dalam ekonomi, hubungan antara inflasi, pasokan uang beredar dan PDB riil dikaitkan dengan teori kuantitas uang.

52. Jelaskan apa saja faktor yang mempengaruhi nilai waktu uang?

Jawaban:

Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep nilai waktu uang adalah nilai uang itu sendiri, jangka waktu, dan tingkat bunga. Menurut Kieso et al. (2013), kondisi ini lebih banyak disebabkan karena adanya peluang atas investasi masa kini dan bunga yang diterima atas investasi yang dilakukan.

Artkel Terkait  Rangkuman Materi, Contoh Soal & Pembahasan Hubungan Antarmahluk Hidup Dan Lingkungannya SD

53. Apa dampak dari nilai waktu terhadap uang?

Jawaban:

Berdasarkan pengaruh waktu atas nilai uang, nilai uang akan berubah di waktu yang akan datang kalau jumlahnya sama. Hal ini disebabkan karena perkembangan perekonomian, di mana masyarakat semakin tahu arti perkembangan perekonomian dan bagaimana dampaknya terhadap harga-harga secara umum

54. Apa uang bisa luntur?

Jawaban:

Rupiah yang dicetak menggunakan tinta dengan security khusus yang mempunyai ketahanan terhadap air dan dalam keadaan normal sulit luntur jika terkena air namun jika sengaja 

55. Mengapa perekonomian Indonesia membutuhkan kebijakan redenominasi?

Jawaban:

Jadi, tujuan dari redenominasi adalah, penguatan nilai mata uang rupiah, menstabilkan perekonomian indonesia melalui inflasi rendah akibat nilai mata uang yang kuat, dan yang terakhir adalah penguatan perekonomian indonesia secara regional maupun global.

56. Kenapa mata uang negara memiliki nilai yang berbeda dan sebutkan faktornya?

Jawaban:

Jadi Mata Uang yang berbeda tiap negara itu karena perbedaan ekonomi setiap bangsa tetapi tidak menutup kemungkinan suatu hari ada Mata Uang global yang bisa digunakan penduduk dunia.

57. Dampak apakah yang terjadi jika permintaan uang berbanding dengan penawaran uang?

Jawaban:

Jika maksudnya permintaan uang < penawaran uang, akan terjadi excess supply. Penjelasan: Excess Demand uang akan menyebabkan terjadinya kelangkaan jumlah uang. Kemudian, kelangkaan jumlah uang akan menyebabnya naiknya nilai mata uang tersebut.

58. Apakah perbedaan mata uang dalam peredaran dengan mata uang beredar?

Jawaban:

Istilah “uang beredar” memiliki arti yang sama dengan “penawaran uang”, sedangkan istilah “mata uang dalam peredaran” diartikan sebagai jumlah uang kartal yang beredar pada waktu tertentu dalam perekonomian.

Semoga Bermanfaat Bagi Teman Teman Semua

Artkel Terkait  Kapan pemain melakukan operan bola samping