Pembakaran bahan bakar fosil untuk berbagai kepentingan ternyata dapat menyebabkan terjadinya

Posted on

Baiklah teman-teman.. kita akan membahas soal selanjutnya

Pembakaran bahan bakar fosil untuk berbagai kepentingan ternyata dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan yang serius. Apakah polutan yang ditimbulkan dari pembakaran banan bakar fosil tersebut? Bagaimana pengaruh meningkatnya konsentrasi karbon dioksida di atmosfer terhadap metabolisme tanaman? Jelaskan!

Jawab:

Pembakaran bahan bakar fosil menghasilkan polutan berupa gas CO2 yang dapat menyebabkan pemanasan global. CO2 yang berlebihan di bumi dapat mengikat panas matahari sehingga suhu bumi bertambah panas. Pemanasan global di bumi akibat dari meningkatnya konsentrasi CO2 di udara yang disebut juga sebagai efek rumah kaca dan perubahan pola iklim. Peningkatan pola konsentrasi CO2 lingkungan memengaruhi aktivitas metabolisme tanaman. Pada umumnya peningkatan konsentrasi karbon dioksida lingkungan akan meningkatkan kecepatan fotosintesis tanaman, dan menurunkan kecepatan respirasinya.

Keadaan ini akan mengganggu metabolisme dan pertumbuhan tanaman. Peningkatan kecepatan fotosintesis menyebabkan penimbunan karbohidrat, sedangkan penurunan kecepatan respirasi mengurangi energi yang dibutuhkan tanaman. Beberapa tanaman memiliki kecepatan respirasi yang meningkat di bawah lingkungan kaya CO2 sehingga meningkatkan penguraian karbohidrat. Peningkatan CO2 lingkungan menyebabkan stres pada tanaman sehingga mening- katkan biosintesis etilen. Meningkatnya biosintesis etilen dapat mempercepat pemasakan atau penuaan sel tanaman sebelum waktunya.

Laju fotosintesis yang meningkat karena peningkatan konsentrasi CO2 lingkungan menyebabkan perubahan pola alokasi karbon, hal ini menentukan kualitas tanaman sebagai sumber makanan bagi serangga herbivora sehingga memengaruhi interaksi serangga herbivora yang secara langsung makan tanaman tersebut sehingga dapat mengganggu kestabilan ekosistem secara global.

—————-#—————-

Jangan lupa komentar & sarannya

Kunjungi terus: brainstormmedia.net OK! 😁

Semoga bermanfaat teman-teman…