Cara Membuat Celengan Kreatif dari Kertas Kado

Posted on
gambar celengan dari kertas kado

Pendahuluan: Membuat Celengan dari Kertas Kado

Siapa yang tidak suka dengan celengan? Selain menjadi tempat untuk menyimpan uang koin, celengan juga bisa menjadi dekorasi yang lucu dan unik. Namun, tentu saja membeli celengan dengan desain yang menarik tidaklah murah. Untuk itu, mengapa tidak membuat celengan sendiri?

Dalam tulisan ini, kita akan membahas cara membuat celengan dari kertas kado. Dalam pembuatan celengan ini, kita tidak hanya dapat menghemat uang, tetapi juga bisa memilih desain dan warna kertas kado yang kita inginkan.

Apa itu Celengan Kertas Kado?

Celengan kertas kado merupakan celengan yang terbuat dari bahan kertas kado. Bahan kertas kado yang digunakan bisa beragam, mulai dari kertas kado polos hingga kertas kado dengan motif yang menarik. Selain itu, celengan kertas kado juga bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Kegunaan Celengan Kertas Kado

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, celengan kertas kado selain bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan uang, juga bisa berfungsi sebagai dekorasi. Selain itu, celengan kertas kado juga bisa menjadi hadiah yang unik untuk orang terdekat kita.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Untuk membuat celengan kertas kado, bahan dan alat yang dibutuhkan adalah:

  • Kertas kado
  • Plastik pembungkus makanan
  • Lem UHU
  • Gunting
  • Pensil dan penghapus

Read more:

Kertas kado yang digunakan sebaiknya seukuran A4 atau lebih besar. Plastik pembungkus makanan digunakan untuk melapisi celengan agar tidak cepat rusak. Sedangkan lem UHU digunakan untuk menempelkan kertas kado pada permukaan celengan. Gunting digunakan untuk memotong kertas kado dan plastik pembungkus sesuai bentuk celengan yang diinginkan.

Cara membuat celengan dari kertas kado

Membuat Celengan dari Kertas Kado

Memiliki celengan sendiri tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi siapa saja. Selain digunakan untuk menabung, celengan juga bisa dijadikan sebagai dekorasi yang lucu dan unik. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli celengan, karena Anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan kertas kado.

Menentukan Ukuran dan Bentuk Celengan

Langkah pertama dalam membuat celengan adalah menentukan ukuran dan bentuknya. Anda bisa membuat celengan dengan ukuran dan bentuk apa saja sesuai dengan selera. Pertimbangkan juga daya tampung celengan agar bisa menampung uang yang masuk ke dalamnya. Jika Anda ingin membuat celengan dengan bentuk yang unik, pastikan ukuran dan bentuknya tidak terlalu sulit untuk dipotong.

Merancang Pola Celengan pada Kertas Kado

Setelah menentukan ukuran dan bentuk celengan, langkah berikutnya adalah merancang pola pada kertas kado. Pastikan kertas kado yang digunakan memiliki motif atau warna yang menarik. Rancangan pola bisa dibuat dengan menggunakan pensil atau spidol agar mudah untuk diubah jika terjadi kesalahan. Pastikan pola yang dibuat memiliki ukuran yang sama dengan ukuran celengan agar nantinya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Memotong Kertas sesuai Pola

Setelah pola selesai dirancang, langkah selanjutnya adalah memotong kertas sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pastikan pisau cutter yang digunakan tajam dan hati-hati saat memotong kertas. Jika tidak yakin dengan kemampuan memotong, Anda bisa meminta bantuan orang lain.

Selamat, kini celengan dari kertas kado sudah jadi! Celengan ini bisa dihias dengan berbagai macam dekorasi seperti pita atau kertas warna-warni. Selain itu, celengan juga bisa dijadikan sebagai hadiah yang unik dan personal untuk teman atau keluarga.

Menyusun dan merekatkan bagian-bagian celengan cara membuat celengan dari kertas kado

Cara Menyusun dan Merekatkan Bagian-Bagian Celengan

Membuat celengan adalah cara yang baik untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menabung. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat celengan adalah kertas kado. Namun, menyusun dan merekatkan bagian-bagian celengan dapat menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah cara untuk menyusun dan merekatkan bagian-bagian celengan dari kertas kado.

Membuat Lipatan pada Kertas Kado

Langkah pertama adalah membuat lipatan pada kertas kado. Letakkan kertas kado dengan sisi berwarna menghadap ke bawah. Lipat kertas kado di setiap sudut sehingga membentuk segitiga yang meruncing ke bawah. Lipat kedua sudut segitiga ke pusat dan lipat bagian bawah ke atas. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan celengan yang berbentuk segi empat dengan bukaan di bagian atas.

Artkel Terkait  SUHU DAN KALOR (soal dan pembahasan)

Menempelkan Bagian-Bagian Celengan

Sekarang, kamu perlu mengambil bagian bawah celengan dan melipatnya ke atas. Tempelkan bagian yang ditekuk dengan lem atau perekat lainnya. Selanjutnya, kamu perlu melipat bagian berikutnya dan menempelkannya di atas bagian yang telah ditempelkan sebelumnya. Ulangi langkah ini hingga seluruh bagian sudah terlipat dan ditempel dengan rapi.

Merekatkan dengan Lem atau Perekat Lainnya

Setelah semua bagian telah ditempel dan terlipat dengan rapi, kamu bisa merekatkan sisi-sisi celengan dengan menggunakan lem atau perekat lainnya. Pastikan semua bagian telah terjepit dengan baik dan lem atau perekat lainnya sudah kering sebelum digunakan sebagai celengan.

Demikianlah cara untuk menyusun dan merekatkan bagian-bagian celengan dari kertas kado. Selamat mencoba!

Ilustrasi cara membuat celengan dari kertas kado

Mendekorasi Celengan

Celengan merupakan tabungan yang paling sederhana dan efektif. Selain bisa digunakan untuk menabung uang koin, celengan juga bisa dijadikan hiasan di dalam rumah atau sebagai hadiah kreatif untuk orang terdekat. Namun, tampilan celengan yang polos membuatnya terlihat membosankan. Oleh karena itu, mendekorasi celengan bisa menjadi cara yang tepat untuk menghadirkan kreativitas dan keunikannya sendiri.

Memilih Kertas Kado yang Sesuai untuk Dekorasi

Salah satu cara mendekorasi celengan adalah dengan memilih kertas kado yang sesuai. Pilih kertas kado yang berwarna-warni dan memiliki motif yang menarik perhatian. Setelah itu, potong kertas kado sedemikian rupa sehingga ukurannya sesuai dengan celengan yang akan didekorasi. Tempelkan kertas kado pada celengan menggunakan lem. Pastikan agar kertas kado menempel dengan baik dan tidak ada bagian yang mengelupas.

Memanfaatkan Bahan-bahan Lain untuk Dekorasi

Tidak hanya kertas kado, bahan-bahan lain juga bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi celengan. Contohnya adalah kain perca, benang sulam, dan kain flanel. Potong potongan kain yang ukurannya sesuai dengan celengan. Kemudian, ikatkan atau rekatkan pada celengan dengan menggunakan lem atau benang sulam. Jangan lupa untuk membuat pola yang menarik agar celengan terlihat semakin cantik.

Menggunakan Alat-Alat Dekorasi yang Kreatif

Selain kertas kado dan bahan-bahan lain, kamu juga bisa menggunakan alat-alat dekorasi yang kreatif untuk mempercantik celengan. Contohnya adalah spidol warna, stiker, kancing, dan tempelan plastik. Lukislah gambar-gambar yang menarik di atas celengan dengan menggunakan spidol warna atau tempelkan stiker pada celengan. Kamu juga bisa membuat celengan bergaya vintage dengan menempelkan kancing atau tempelan plastik dengan warna-warna lembut.

Mengisi dan Menutup Celengan

Buat Celengan dari Kertas Kado

Siapa bilang kalian harus membeli celengan di toko? Kamu bisa kok membuat celengan secara mudah, murah, dan kreatif dari bahan-bahan sederhana seperti kertas kado.

Menyesuaikan Lubang Celengan untuk Memasukkan Uang

Sebelum kamu memulai untuk memasukkan uang ke dalam celengan, pastikan ukuran lubangnya sesuai dengan koin atau uang kertas yang akan dimasukkan. Kamu bisa menggunakan pensil untuk menandai titik-titik pada celengan di mana lubang akan dibuat, lalu gunakan gunting atau cutter untuk membuat lubang yang sesuai.

Menambahkan Dekorasi pada Lubang Celengan

Agar celenganmu jadi lebih menarik, kamu bisa menambahkan dekorasi pada lubang celengan. Kamu bisa memotong kertas yang berwarna-warni dan menempelkannya pada sekeliling lubang celengan. Kamu juga bisa membuat dekorasi lain seperti gambar atau tulisan yang mengajak orang untuk menabung.

Menutup Lubang Celengan dengan Lem atau Perekat Lainnya

Jangan sampai uang yang sudah kamu masukkan ke dalam celengan keluar lagi, ya? Oleh karena itu, pastikan kamu menutup lubang celengan dengan kuat menggunakan lem atau perekat lainnya. Kamu juga bisa membuat ulir pada lubang celengan agar lebih aman dan sulit dibuka oleh siapa pun yang tidak berhak.

Artkel Terkait  Arti Probabilitas dan penjelasannya - Tempat kita berbagi ilmu

Dengan menggunakan kreativitas dan bahan-bahan yang sederhana, kamu bisa membuat celengan yang cantik dan unik sesuai dengan selera kamu. Ayo mulai membuat celenganmu sekarang dan jangan lupa menabung dengan rajin!

Kelebihan Celengan Kertas Kado

Kelebihan Celengan Kertas Kado

Ramah Lingkungan karena Terbuat dari Kertas

Celengan biasanya terbuat dari bahan-bahan yang sulit untuk diuraikan oleh lingkungan seperti plastik atau logam. Namun, celengan kertas kado merupakan pilihan yang ramah lingkungan karena terbuat dari kertas yang lebih mudah diuraikan. Selain itu, pembuatan celengan kertas kado juga dapat menjadi alternatif yang lebih baik bagi lingkungan karena mengurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit diuraikan.

Murah dan Mudah Didapatkan Bahan-bahannya

Membuat celengan kertas kado juga lebih terjangkau daripada membeli celengan yang mahal di toko. Selain harganya yang lebih murah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat celengan kertas kado juga mudah didapatkan. Anda bahkan dapat menggunakan kertas kado bekas atau kertas koran yang tidak terpakai sebagai bahan utama.

Dapat Dibuat dengan Berbagai Macam Ukuran dan Bentuk

Celengan kertas kado dapat dibuat dengan berbagai macam ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membuatnya menjadi bentuk persegi, persegi panjang, lingkaran, atau bahkan segitiga sekalipun. Selain itu, kemudahan dalam pembuatan celengan kertas kado juga memungkinkan Anda menghias atau mencetak boneka atau karakter kesukaan Anda untuk menambah nilai estetika pada celengan tersebut.

Cara Menggunakan Celengan Kertas Kado

Cara Menggunakan Celengan Kertas Kado sebagai Media Menyimpan Uang dengan Rapi dan Aman

Menyimpan uang yang kita miliki dengan rapi dan aman adalah kebiasaan yang sangat penting untuk kita lakukan. Salah satu media yang dapat kita gunakan untuk menyimpan uang dengan rapi dan aman adalah celengan kertas kado. Celengan kertas kado memiliki banyak kelebihan, antara lain ringan, mudah dibuat, dan bahannya mudah didapat dimana saja. Selain itu, celengan kertas kado juga cocok digunakan untuk orang-orang yang ingin mulai menabung uang.

Mengajarkan Anak-anak untuk Menabung menggunakan Celengan Kertas Kado

Celengan kertas kado dapat digunakan untuk mengajarkan anak-anak untuk menabung uang. Kita dapat memberikan celengan kertas kado pada anak-anak sebagai satu cara untuk menstimulasi minat mereka dalam menabung, selain itu, desain yang menarik dan lucu juga akan membuat mereka senang untuk menabung. Kita dapat menentukan besaran uang yang harus disimpan tiap minggu atau tiap bulan, dan memberikan uang tersebut pada anak-anak untuk dimasukkan ke dalam celengan. Dengan begitu, kita bisa mengajarkan anak-anak untuk berhemat dan memulai tabungan mereka sejak dini.

Menggunakan Celengan Kertas Kado sebagai Hiasan atau Hadiah

Selain digunakan sebagai media penyimpanan uang, celengan kertas kado juga dapat digunakan sebagai hiasan atau hadiah. Kita bisa membuat celengan kertas kado dengan desain yang unik dan menarik untuk menghias rumah kita. Selain itu, celengan kertas kado juga cocok untuk dijadikan hadiah bagi teman atau keluarga yang sedang merayakan acara atau momen spesial. Celengan kertas kado sebagai hadiah juga bisa dimasukkan hadiah ke dalamnya, semacam uang kejutan.

Tips dan Trik dalam membuat celengan kertas kado

Tips dan Trik Membuat Celengan Kertas Kado

Siapa yang tidak suka dengan celengan? Celengan menjadi simbol kesederhanaan dan kebijaksanaan dalam menabung. Selain itu, ada juga nilai sentimental karena biasanya celengan diberikan sebagai hadiah atau kenang-kenangan.

Mempersiapkan Bahan dan Alat dengan Baik

Langkah pertama dalam membuat celengan kertas kado adalah mempersiapkan semua bahan dan alat dengan baik. Pastikan kamu memilih kertas kado yang kuat dan tidak mudah kusut. Selain itu, siapkan juga gunting, lem, dan penggaris untuk memudahkan pengukuran dan pemotongan kertas.

Melakukan Pengukuran dengan Teliti

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengukuran dengan teliti. Ingat, ukuran celengan yang tidak rata atau tidak proporsional dapat mempengaruhi hasil akhir dari celengan yang kamu buat. Gunakan penggaris untuk mengukur lebar, tinggi, dan panjang kertas kado dengan teliti.

Menggunakan Alat-alat dengan Hati-hati dan Bijak

Menggunakan alat-alat dengan hati-hati dan bijak sangat penting dalam membuat celengan kertas kado. Jangan terlalu keras memotong kertas, dan gunakan lem dengan sedikit sekali. Jika kamu dikejar waktu atau terburu-buru, jangan tergesa-gesa karena ini dapat mempengaruhi kualitas celengan yang kamu buat.

Artkel Terkait  Akibat pandemi Surya kehilangan pekerjaannya. Untuk itu Surya ingin memulai usaha baru yaitu menjual

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu dapat membuat celengan kertas kado yang cantik dan simpanan uang yang berguna. Selamat mencoba!

Kesulitan yang mungkin dihadapi cara membuat celengan dari kertas kado

Kesulitan yang Mungkin Dihadapi Saat Membuat Celengan dari Kertas Kado

Celengan dari kertas kado dapat menjadi hadiah yang sangat barangkali bisa menjadi sesuatu yang bernilai sebagai hiasan atau bisa juga untuk menyimpan uang receh. Namun, ketika melakukan pembuatannya, kita harus memperhatikan beberapa kesulitan yang mungkin terjadi.

Kertas Kado yang Mudah Rusak

Membuat celengan dari kertas kado pastinya membutuhkan bahan utama kertas kado itu sendiri. Sayangnya, kertas kado sering kali mudah rusak, apalagi saat kita sedang memotong dan merekatkan ke tempat yang seharusnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita membeli kertas kado yang berkualitas bagus agar tidak mudah melar dan merusak celengan.

Kesulitan dalam Mengukur dan Memotong Kertas

Setelah memilih kertas kado, langkah selanjutnya adalah mengukur dan memotong kertas untuk membentuk celengan. Namun, seringkali kita merasa kesulitan dalam mengukur dan memotong dengan ukuran yang tepat. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kita menggunakan alat pengukur dan pisau utilitas agar hasil potongan menjadi rapi dan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.

Kesulitan dalam Menyusun dan Merekatkan Bagian-Bagian Celengan

Setelah kertas dipotong, kita harus mengatur dan merakit bagian-bagian celengan agar terlihat seperti celengan sebenarnya. Tapi seringkali langkah ini menjadi sulit, apalagi jika kita tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Ketika kita merekatkan kertas, sebaiknya gunakan lem yang mudah menempel agar kertas tidak rusak dan mudah diatur.

Itulah beberapa kesulitan yang mungkin dihadapi saat membuat celengan dari kertas kado. Meskipun terlihat sederhana, tetapi membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar menjadikan celengan yang cantik dan berkesan. Selamat mencoba!

Cara membuat celengan dari kertas kado

Kesimpulan: Membuat Celengan Kertas Kado

Dalam kehidupan sehari-hari, menabung merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan oleh semua orang. Menabung dapat membantu seseorang dalam menghadapi situasi darurat atau mempersiapkan masa depan. Namun, tidak semua orang memiliki kebiasaan menabung, terutama anak-anak.

Membuat celengan dari kertas kado sangat mudah dan menyenangkan

Bagi orang yang tidak terbiasa menabung, membuat celengan dapat menjadi cara yang efektif untuk memulai kebiasaan menabung. Salah satu cara yang mudah dan menyenangkan untuk membuat celengan adalah dengan menggunakan kertas kado. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mempersiapkan kertas kado yang ingin digunakan, bahan pengikat seperti lem atau selotip, dan gunting.

Dapat memberikan manfaat bagi penggunanya, seperti membiasakan menabung dan mempercantik ruangan

Selain memberikan manfaat dalam membiasakan menabung, membuat celengan dari kertas kado juga dapat memberikan manfaat lain seperti mempercantik ruangan. Anda dapat menggunakan kertas kado dengan warna-warna cerah dan menarik untuk membuat celengan yang indah dan terlihat menarik. Dengan begitu, celengan yang anda buat dapat menjadi dekorasi yang menarik untuk ruangan anda.

Dengan mengikuti tips dan trik yang tepat, dapat mengatasi kesulitan yang mungkin dihadapi

Walaupun membuat celengan dari kertas kado terlihat mudah, terkadang kita dapat mengalami kesulitan seperti celengan yang bocor atau kurang kokoh. Namun, dengan mengikuti tips dan trik yang tepat, kesulitan tersebut dapat diatasi dengan mudah. Tips dan trik tersebut meliputi pemilihan bahan yang tepat, teknik melipat dan menyambung kertas kado yang benar, dan penambahan aksesoris atau hiasan yang sesuai.

Jadi, tidak perlu ragu untuk mencoba membuat celengan dari kertas kado sendiri. Selain mudah dan menyenangkan, cara ini juga dapat memberikan banyak manfaat bagi anda dan ruangan anda.