Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Posted on

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo ternyata sangat mudah dan tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa melakukannya dengan melalui pengaturan yang tersedia dalam HP.

Seperti yang diketahui bahwa Vivo merupakan brand HP yang tengah naik daun di Indonesia. Banyak masyarakat yang menggunakan brand ini berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Misalnya saja harganya yang tergolong affordable dengan fitur canggih. Jika dibandingkan dengan brand ternama yang memiliki fitur dan teknologi serupa, Vivo lebih terjangkau.

Selain itu, desain HP Vivo juga sangat elegan dan cocok digunakan anak muda hingga orang dewasa. Tidak heran jika penggunanya berasal dari berbagai kalangan.

Menariknya, HP ini dilengkapi dengan teknologi pengamanan yang cukup baik. satunya adalah pengamanan aplikasi agar tidak bisa dibuka oleh sembarangan orang. Bagi Anda yang mau tahu cara mengunci aplikasi di HP Vivo, simak selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo?

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa HP Vivo dilengkapi dengan fitur keamanan yang sangat baik. Dengan demikian, penggunanya akan merasa dan nyaman.

Selain untuk memberikan keamanan membuka kunci layar pada ponsel, HP ini juga memiliki fitur pengamanan aplikasi. Bagi Anda yang menjunjung tinggi privasi, tentu tidak ingin isi aplikasi tertentu dibuka oleh orang lain. Oleh sebab itu, Anda bisa mengaktifkan fitur kunci aplikasi di HP Vivo berikut ini:

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  2. Buka menu Security & Privacy.
  3. Pilih menu Privacy and App Encryption.
  4. Anda akan dihadapkan pada menu untuk memasukkan password aplikasi.
  5. Setelah itu, pilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci.
  6. Jika sudah, Anda bisa mengecek apakah aplikasi berhasil dikunci atau tidak.
  7. Kembali ke home screen, lalu masuk ke aplikasi yang tadi sudah dipilih.
  8. Jika berhasil, aplikasi akan meminta password saat dibuka. Masukkan password yang tadi sudah Anda buat.
  9. Jika password yang dimasukkan benar, aplikasi dapat dibukan dan diakses.

ARTIKEL VIVO LAINNYA: Cara Mengecek Garansi Vivo dan Masa Aktivasi HP Termudah

Apa Manfaat Mengunci Aplikasi di HP Vivo?

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengunci aplikasi di HP. Terutama yang berkaitan dengan privasi. Dengan menguncinya, tidak akan ada orang yang bisa membuka aplikasi tersebut selain Anda.

Sehingga, data yang ada di dalamnya tidak dapat dilihat oleh orang lain. Anda juga bisa terhindar dari tindak mata-mata, pencurian data, penipuan, dan tindakan merugikan lainnya.

Penguncian aplikasi ini sangat penting bagi Anda yang tinggal bersama dengan orang lain. Misalnya di asrama atau di kost yang ruang privasinya sangat minim.

Sehingga, besar kemungkinan orang lain mengakses HP Anda. Tidak cukup hanya mengunci layar saja, tapi penting sekali pengamanan yang berlapis.

Aplikasi Apa Saja yang Harus Dikunci ?

Sebenarnya hal ini tergantung dari kebutuhan dan kepentingan Anda. Tapi, ada beberapa aplikasi yang memang sangat disarankan untuk dikunci dan dijaga keamanannya.

Di antaranya adalah aplikasi banking, dompet digital, dan yang berhubungan dengan keuangan. Aplikasi seperti ini sangat sensitif dan bisa menyebabkan kerugian secara materiil jika berhasil diakses oleh orang lain.

Apa lagi, jika orang tersebut mengetahui kode transaksi Anda. Selain itu, kunci juga aplikasi yang memuat privasi. Misalnya aplikasi chat personal dengan keluarga atau orang tertentu yang memang tidak ingin diketahui orang lain.

Kemudian, aplikasi yang direkomendasikan untuk dikunci adalah galeri berisi foto dan video. Tujuannya adalah agar tidak ada oknum yang mencuri foto atau video pribadi Anda dan menyebarkannya ke media.

ARTIKEL VIVO LAINNYA: Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Mudah

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo Anda? Kalau Anda belum tau caranya, mari kita bahas disini. Tujuan utama dari proses ini tentuanya untuk menyelematkan data-data penting yang ada di HP agar tidak diketahui orang lain saat perangkat ini berpindah tangan.

Berikut ini cara mudah untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo:

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan di HP Vivo Anda
  2. Lalu pilih menu “Fingerprint, Face dan Password”
  3. Klik menu “Privacy and App Encryption”
  4. Pilih menu “Hide App”
  5. Dilanjutkan dengan memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan

Selain pilihan cara untuk mengunci aplikasi di HP Vivo, Anda juga kini memiliki opsi tambahan dengan menyembunyikan aplikasi tersebut diperangkat smartphone yang dimiliki.

Dimana letak Hide Icon di HP Vivo?

Sebagian user masih kesulitan untuk menemukan dimana letak hide icon di HP Vivo. Padahal letaknya tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Disini, akan kita beritahukan jika Anda adalah seorang pengguna baru dari brand ini.

Untuk menemukan letak Hide Icon di HP Vivo, silahkan buka smartphone Vivo Anda sekarang juga. Setelah itu, lanjutkan dengan melakukan tap menu dengan tiga ikon dibagian paling kiri Homescreen. Lalu pilih menu “Hide Icon”.

Privasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilindungi pengguna Vivo. Terutama privasi yang ada di aplikasi tertentu. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mengunci aplikasi di HP Vivo.

Artkel Terkait  Redmi Note 10 Pro: Ponsel Jagoan Xiaomi Yang Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *