KABEL UTP [Pengertian, Jenis dan Fungsinya]

Posted on

Hallo kita berjumpa kembali…

Apa yang dimaksud dengan Kabel UTP?, apa kepanjangan dari UTP, serta apa saja jenis dan Fungsi dari Kabel UTP tersebut?

Pengertian, Jenis dan Fungsi Kabel UTP

Pengertian Kabel UTP, jenis dan Fungsinya
Kabel UTP

Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded twisted-pair) termasuk perangkat keras komputer, Kabel UTP merupakan kabel yang digunakan sebagai penghubung atau transmisi data pada suatu jaringan komputer.

Kabel UTP merupakan jenis kabel jaringan yang terbuat dari tembaga, yang tidak dilengkapi dengan pelindung (shield) internal, dan merupakan jenis kabel yang digunakan khusus untuk jaringan lokal (LAN_Local Area Network), kabel ini memiliki harga yang cukup murah, Lentur dan dapat berfungsi dengan baik menghantarkan data pada suatu jaringan.

Kabel UTP hanya memiliki satu lapisan isolasi yang berfungsi untuk melindungi kabel dari tekanan mekanis atau kerusakan, namun kabel ini tidak memiliki perlindungan terhadap gelombang interfrensi elektromagnetik, seperti yang ada pada kabel STP (Shielded-Twisted Pair).

Impedansi yang dimiliki Kabel UTP berkisar 1 Ohm, dan Kabel UTP memiliki beberapa jenis dan fungsinya masing-masing, sesuai dengan kemampuan untuk menghantarkan data yang dimiliki kabel UTP tersebut.

Jenis Kabel UTP berdasarkan fungsinya

Kategori Kabel UTP:

CAT1

Kabel UTP Category 1 (CAT1) merupakan jenis kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan paling rendah, Kabel UTP CAT1 ini digunakan untuk Komunikasi Suara Analog.

CAT2

Kabel UTP Category 2 (CAT2), merupakan Jenis Kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 1. Kabel UTP Category 2 memiliki kemampuan untuk transmisi data dan suara digital dengan kecepatan hingga Megabit/detik.

CAT3

Kabel UTP Category 3 (CAT3), merupakan Jenis Kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2. Kabel UTP Category 3 memiliki kemampuan untuk transmisi data digital dengan kecepatan hingga 10 Megabit/detik.

CAT4

Kabel UTP Category 4 (CAT4), merupakan Jenis Kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 3. Kabel UTP Category 4 memiliki kemampuan untuk transmisi data digital dengan kecepatan hingga 1 Megabit/detik.

CAT5

Kabel UTP Category 5 (CAT5), merupakan Jenis Kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 4. Kabel UTP Category 5 memiliki kemampuan untuk transmisi data digital dengan kecepatan hingga 1 Megabit/detik.

CAT5e

Enhanced Category 5 (CAT5e), merupakan Jenis Kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 5. Enhanced Category 5 (CAT5e) memiliki kemampuan untuk transmisi data digital dengan kecepatan hingga 10 Megabit/detik (1 Gigabit/detik).

CAT6

Kabel UTP Category (CAT6), merupakan Jenis Kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan terbaik, dan mendukung transmisi pada frekuensi 250 MHz.

CAT7

Kabel UTP Category (CAT6), merupakan Jenis Kabel UTP yang memiliki kemampuan menghantarkan jaringan terbaik, dan mendukung transmisi pada frekuensi MHz.

Semoga bermanfaat

Postingan terkait:


Artkel Terkait  Pembahasan Fisika UN: Gelombang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *