Cara Root HP Xiaomi Supaya Data Tetap Aman

Posted on

Cara root HP Xiaomi mulai banyak dicari. Itu root diakui sebagai cara terbaik untuk memaksimalkan penggunaan smartphone. Perkembangan Xiaomi di Indonesia sendiri terbilang sangat baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, keberadaannya sukses menyaingi keberadaan brand-brand besar seperti Samsung dan Oppo. Ini sebenarnya merupakan hal wajar. Itu Xiaomi muncul dengan harga bersahabat dan spesifikasi yang lumayan gahar.

Mungkin Oppo cukup baik dalam menyaingi keberadaan Xiaomi. Namun Samsung yang terkenal sebagai ponsel menengah ke atas nampak cukup kesulitan dalam menandingi perkembangan Xiaomi.

Jika Anda adalah pengguna Xiaomi dan ingin memaksimalkan penggunaan smartphone, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut beberapa caranya.

Cara Root HP Xiaomi dengan Super SU

Cara root untuk HP Xiaomi pertama adalah dengan menggunakan Super SU. Perlu diingat super SU ini tidak tersedia di playstore.

  1. Download Super SU

Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Biasanya aplikasi ini tersedia di internet dalam zip. Untuk menggunakan Super SU, ponsel perlu dimasukkan terlebih dahulu ke mode recovery. Cara masuk ke mode recovery sendiri cukup mudah.

  1. Masuk ke Mode Recovery

Pertama matikanlah ponsel terlebih dahulu. Setelah itu tekan volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Nantinya setelah sebuah animasi muncul, itu menunjukkan jika ponsel sudah masuk ke mode recovery.

  1. Install

Pada mode ini akan terdapat fitur install untuk melakukan root. Pilihlah fitur install tersebut dan cari file super SU yang sebelumnya telah diunduh. Konfirmasi pemasangan dan tunggu hingga prosesnya selesai. Selanjutnya nyalakan ponsel dan proses root telah selesai.

Magisk Juga Bisa Dijadikan Pilihan

Selain Super SU, cara root HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan menggunakan Magisk. Sama seperti sebelumnya, Magisk juga tidak tersedia di playstore.

Artkel Terkait  Benda Terbang Tanpa Awak, Apa Itu Drone?

Anda perlu mencarinya terlebih dahulu dan mendownload file Magisk dalam ZIP. Selanjutnya masukkan ponsel ke mode recovery seperti yang sebelumnya telah dijelaskan.

Install magisk dan tunggu hingga proses root sudah selesai. Jika prosesnya beres, nyalakan ponsel dan cobalah lihat perubahannya.

Jangan Lupakan Keberadaan Aplikasi Kingroot

Membahas root Xiaomi tanpa menambahkan kingroot adalah sebuah kesalahan. Itu penggunaan aplikasi ini disebut sebagai cara termudah untuk melakukan root.

  1. Pasang Aplikasi

Jika ingin menggunakan kingroot, pasanglah aplikasinya terlebih dahulu. Berbeda dengan super SU dan magisk yang perlu diunduh dalam file zip, kingroot bisa diunduh dalam aplikasi.

  1. Klik Root

Jika aplikasinya sudah terpasang di ponsel, cobalah buka lalu klik tulisan “One Click Root”. Tunggu hingga rooting selesai dan muncul notifikasi bertuliskan “root success”.

Agar lebih stabil, jangan lupa untuk merestart ponsel setelah proses selesai. Dari sana Anda bisa menggunakan ponsel Xiaomi secara lebih maksimal.

Via PC Bisa Dijadikan Opsi Terakhir

Cara root terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan PC. Bisa dikatakan ini adalah teknik paling umum yang paling sering dilakukan.

  1. Masuk Opsi Pengembang

Untuk melakukannya masuklah terlebih dahulu ke opsi pengembang. Aktifkan opsi pengembang yang bisa diakses melalui pengaturan. Jadikan USB debugging aktif lalu hubungkan ponsel dengan PC. Jika ponsel sudah terhubung, unduhlah aplikasi Kingo Root di PC.

  1. Pasang Aplikasi di PC

Carilah aplikasi versi terbaru lalu install di PC Anda. Bukalah aplikasi tersebut lalu mulai root. Nantinya akan muncul bilah di ponsel untuk mengkonfirmasi.

  1. Tunggu Proses

Klik saja OK dan tunggu hingga proses selesai. Biasanya proses ini tidak akan lama. Jika sudah selesai, lepas USB yang menghubungkan PC dan ponsel lalu cobalah gunakan ponselnya. Pastikan untuk tidak asal dalam melakukan root. Jika sampai asal, bukan tidak mungkin data yang dimiliki bisa hilang.

Artkel Terkait  129 Sinonim Etiket dalam Bahasa Indonesia

Sudah ada banyak kasus dimana kesalahan root malah menyebabkan berbagai kerugian bagi pengguna. Untuk menghindari hal-hal yang merugikan semacam itu, perhatikan cara root HP Xiaomi di atas dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *