Cara Mengecek Garansi Xiaomi Paling Cepat dan Mudah

Posted on

Cara mengecek garansi Xiaomi adalah hal penting yang perlu diketahui. Itu , garansi merupakan satu masalah terbesar dari brand ponsel yang sedang berkembang ini.

Sekarang peredaran Xiaomi di Indonesia memang sangat baik. Namun masalahnya, ada banyak ponsel Xiaomi ilegal yang menyebar di Indonesia. Ketika sebuah ponsel masuk ke Indonesia secara ilegal, pemerintahan akan melakukan tindakan tegas dengan melakukan pemblokiran IMEI.

Pemblokiran IMEI sendiri terbilang sangat fatal. Itu ponsel yang digunakan tidak akan bisa menggunakan jaringan seluler Indonesia. Ini membuat akses terhadap koneksi internet tidak dimiliki dan menjadikan fungsi ponsel tidak bisa berjalan sepenuhnya.

Cara termudah membedakan ponsel legal dan ilegal adalah dengan mengecek garansinya. Oleh sebab itu berikut beberapa cara yang bisa dipilih.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Via Dusbook

Dalam dusbook pasti diperlihatkan masa berlaku garansi hp Xiaomi. Namun dalam pengecekannya, masa berlaku garansi tersebut bukan hal utama yang perlu dilihat.

  1. Cek Sticker TAM

Selain masa berlaku garansi, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sticker bertuliskan tAm. tAm memiliki kepanjangan PT Telematika Artha Mandiri. Perusahaan ini adalah distributor asli Xiaomi di Indonesia. Keberadaan stiker ini membuat garansi yang dituliskan dapat dipastikan keasliannya.

  1. Cek Buku Panduan

Selanjutnya adalah mengecek buku panduan yang ada di dusbook. Untuk produk yang legal di Indonesia, buku panduan akan diberikan dalam bahasa Indonesia.

Hal berbeda akan terlihat jika produknya ilegal. Normalnya produk Xiaomi ilegal di Indonesia dibuat di China sehingga buku panduannya juga menggunakan bahasa negara tersebut.

Walaupun cara ini cukup mudah, permasalahan akan tetap terasa jika yang dibeli adalah ponsel second tanpa memiliki dusbook. Untuk ponsel semacam itu, cobalah memakai cara selanjutnya.

Artkel Terkait  Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Mudah

Pengecekan Juga Bisa Dilakukan Via IMEI

IMEI bisa dijadikan cara mengecek garansi Xiaomi selanjutnya. Perlu diketahui, melihat IMEI tidak perlu dilakukan dengan membuka dusbook.

  1. Cek IMEI Via Telepon

Setiap ponsel sudah memiliki fitur untuk memperlihatkan IMEI nya. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk melihat IMEI adalah membuka telepon. Ketika telepon terbuka masukkan *#0#. Nantinya IMEI tersebut akan muncul dengan sendirinya.

  1. Pilih Satu dari 2 IMEI

Normalnya pengecekan akan memunculkan dua IMEI. Dua IMEI tersebut masing-masing akan digunakan untuk setiap kartu SIM. Jadi dua alamat yang muncul menunjukkan bahwa ponsel memiliki dua slot kartu.

  1. Cek di Kemenperin

Salin satu dari dua IMEI yang muncul. Selanjutnya bukalah imei.kemenperin.go.id. jika sudah terakses, masukkan IMEI yang sebelumnya disalin ke kolom pencarian yang tersedia. Klik cari lalu tunggulah beberapa saat.

Nantinya situs tersebut akan memperlihatkan apakah IMEI yang dimasukkan memiliki garansi secara legal atau tidak. Jika legal, IMEI dari ponsel akan dijelaskan secara lebih detail. Namun jika ilegal, akan diberitahukan kalau IMEI ponsel tersebut tidak terdaftar di kemenperin.

Menggunakan Xiaomi Online Juga Bisa Dilakukan

Cara cek garansi Xiaomi yang terakhir adalah dengan menggunakan Xiaomi online. Pengecekan ini bisa dilakukan pada situs resmi dari Xiaomi.

  1. Buka Situsnya

Pertama bukalah buy.mi.com/id/registration. Ketika alamat tersebut sudah bisa diakses, akan muncul kolom pencarian yang bisa digunakan untuk mengakses detail dari sebuah IMEI.

  1. Masukkan IMEI

Masukkan IMEI dari ponsel dengan menyalinnya terlebih dahulu seperti yang sebelumnya telah dijelaskan. Ketika pencarian dilakukan, situs tersebut akan memperlihatkan nama distributor yang memberikan garansi.

  1. Cek Distributor

Apabila pengecekan dilakukan dan nama distributor yang keluar adalah erajaya, itu membuktikan jika ponselnya legal di Indonesia. Namun jika pengecekan dilakukan dan distributornya merupakan perusahaan China, besar kemungkinan itu adalah ponsel ilegal.

Artkel Terkait  Xiaomi Rilis Redmi Note 10 5G Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Pengecekan garansi sangat penting ketika akan membeli ponsel. Jangan sampai ponsel yang dibeli tidak memiliki garansi dan merupakan ponsel ilegal. Jika sampai ini terjadi, Anda sebagai pengguna pasti akan dirugikan. Oleh sebab itu, pastikan untuk cara mengecek garansi Xiaomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *