Cara Mengatasi Lag Pada Handphone Gaming Xiaomi dengan Mudah

Posted on

Saat ini ada banyak sekali varian handphone gaming Xiaomi yang bisa Anda temukan di pasaran. Tentunya setiap seri HP dari brand tersebut dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Keberadaannya akan membuat aktivitas gaming Anda semakin seru.

Tidak hanya itu saja, keberadaan smartphone dengan spek tinggi dari Xiaomi tentu akan membuat aktivitas Anda sehari-hari lebih cepat. Namun tetap saja kendala pasti terjadi.

Ketika smartphone sudah digunakan jangka panjang, pasti cache dari aplikasi dan game yang dimainkan akan semakin menumpuk. Inilah yang membuat perangkat menjadi lemot.

Tapi tenang saja ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Terlebih lagi handphone gaming dari brand Xiaomi juga dibekali dengan fitur-fitur unggulan yang memudahkan Anda untuk membersihkan cache tersebut.

Mengatasi Lag Pada Handphone Gaming Xiaomi dengan Game Booster

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengaktifkan Game Booster. Game Booster ini merupakan fitur unggulan yang hanya akan Anda temukan pada brand Ciaomi tersebut. Cara mengaktifkannya juga tidak sulit.

  1. Pertama Anda hanya perlu masuk ke menu Security.
  2. Lalu langsung saja gulir menu ke bawah dan klik opsi Game Booster
  3. Kalau sudah akan muncul perintah untuk swipe layar ke kanan sebanyak kali
  4. Lakukan perintah tersebut lalu klik menu start setelahnya.
  5. Setelah ini semua game yang ada pada perangkat akan masuk kedalam list Game Booster.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mengklik satu game. Otomatis Game Booster akan mengcover game tersebut. Game Booster merupakan satu cara terbaik untuk mengatasi lag pada HP gaming Xiaomi meskipun sebenarnya ini sendiri sangat jarang terjadi.

Artkel Terkait  Rangkuman Materi, Contoh Soal Past Future Continuous Tense Jawaban & Pembahasannya

Masuk ke Dalam Opsi Pengembang

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lag pada handphone Xiaomi adalah dengan mengaktifkan developer mode atau opsi pengembang. Cara mengaktifkan mode pengembang ini juga tidak sulit sama sekali.

  1. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan pada handphone Xiaomi masing-masing
  2. Kalau sudah, langsung saja klik menu Tentang Telepon
  3. Akan muncul deretan menu. Diantaranya adalah Build.
  4. Tap menu tersebut sebanyak 7 Kali tanpa jeda.
  5. Gulir menu ke bagian bawah lalu aktifkan menu Force 4X MSAA.

Kalau sudah Anda hanya tinggal merestart handphone Gaming Xiaomi. Kini Anda sudah memasuki mode pengembang atau developer mode secara permanen. Mengaktifkan mode ini akan meningkatkan performa Smartphone Xiaomi Anda dengan signifikan.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara lain untuk mengatasi handphone Xiaomi yang lemot adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak perlu. Seringkali perangkat lemot disebabkan oleh RAM yang penuh atau ROM yang sudah tidak memadai. Untuk mengatasinya, Anda harus menghapus sebagian file atau aplikasi yang terinstal di perangkat. Caranya juga sangat mudah.

  1. Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan
  2. Lalu klik opsi aplikasi
  3. Akan muncul deretan aplikasi yang terinstal pada handphone
  4. Pilih satu aplikasi yang sudah dihapus, lalu klik menu Uninstall.
  5. Tunggu sejenak, sistem akan menghapus aplikasi tersebut sesuai permintaan.
  6. Jika muncul notifikasi, Anda hanya perlu mengklik Yes

Untuk hasil maksimal, sebaiknya Anda merestart handphone Xiaomi yang dimiliki setelah proses penghapusan dilakukan. Ini akan secara otomatis menghilangkan semua cache atau file residu yang tersisa dari penggunaan aplikasi dan game selama ini.

Tiga cara di atas sangat efektif untuk dilakukan ketika HP Xiaomu Anda mengalami lag. Cara ini sebenarnya bisa dilakukan di berbagai brand handphone. Namun lebih efektif jika diterapkan di varian handphone gaming Xiaomi yang ada saat ini.

Artkel Terkait  4 Aksesoris Tambahan Yang Wajib Dimiliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *