Penemu Lampu dan Perkembangannya dari masa ke masa

Posted on

Hallo kita berjumpa kembali…

Lampu merupakan salah satu Piranti tenaga yang menggunakan tenaga Listrik, dan Lampu memiliki Fungsi atau kegunaan yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari, Lampu berfungsi untuk memberikan Cahaya penerangan disaat kondisi kurang terang atau Gelap. Ada banyak jenis Lampu Listrik yang sampai saat ini banyak kita gunakan untuk Penerangan Baik di rumah, Sekolah, Kantor, Jalan raya, Gedung, Lapangan, dan sebagainya.

Terdapat berbagai Jenis Lampu Listrik yang biasa digunakan untuk penerangan, antara lain:

  • Lampu Pijar
  • Lampu TL (Lampu pendar)
  • Lampu Mercury
  • Lampu LED
  • Lampu Halogen

Lalu, Bagaimana Sejarah Awal mula ditemukannya Lampu?, dan Perkembangan jenis-jenis Lampu dari Mulai Lampu Pijar, Lampu Pendar, TL, hingga lampu LED yang memiliki Kualitas pencahayaan yang lebih baik, Praktis dan Efisien.

Penemu Lampu Listrik, dan perkembangannya dari masa ke masa

penemu lampu dan perkembangannya dulu hingga sekarang
Lampu Pijar

1. Lampu Pijar

Terdapat beberapa nama Ilmuwan yang memiliki Peran dalam Sejarah Penemuan Lampu Pijar untuk pertama kalinya. Dimulai dari ditemukannya Tumpukan Volta oleh Alesandro Volta pada tahun 1802, Kemudian diperkuat lagi oleh Sir Humphry Davy pada tahun 1820, yang menemukan bahwa Arus Listrik dapat memanaskan Seuntai Logam Tipis hingga menyala berwarna Putih. Kemudian Warren De La Rue mengembangkan temuan ini dengan merancang Sebuah Lampu dengan mengalirkan Arus listrik melalui Suatu Kumparan Logam Platina yang ditempatkan di dalam sebuah Tabung. Hingga akhirnya pada 1 Oktober 187 Thomas Alva Edison menciptakan jenis Lampu Pijar yang lebih Praktis dan mampu menyala lebih lama, dengan menempatkan Elemen karbon di dalam ruang hampa udara berbahan Kaca.

Perkembangan Lampu dan penemunya
Lampu Pendar

2. Lampu Pendar

Lampu TL (Tubular Lamp) adalah salah satu jenis Lampu Pendar yang dapat menghasilkan cahaya lebih baik dibanding Lampu Pijar, Lampu Pendar menggunakan Daya Listrik untuk mengeksitasi uap raksa. Sebenarnya terdapat dua jenis Lampu pendar dilihat dari bentuknya, yakni:

  • Lampu TL (Tubular Lamp)
  • Lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp)
Artkel Terkait  Biaya Membangun Rumah Tipe-100, dengan 3 Kamar tidur dan 3 Kamar mandi, Desain Kekinian

Lampu TL (Tubular Lamp)

Lampu pendar ini berbentuk Tabung Panjang sehingga diberi nama Tubular Lamp atau biasa disebut dengan Lampu Neon.

Lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp)

Lampu Pendar ini memiliki bentuk tabung yang ditekuk berukuran lebih kecil dan ada yang menyerupai Spiral. Lampu CFL ini biasa juga disebut dengan Lampu Hemat Energi (LHE).

Lampu Pendar Pertama kali di temukan dan di Patenkan Pada tahun 101 Oleh Peter Cooper Hewitt. Lampu ini digunakan untuk Studio Foto dan Kebutuhan Industri, Lampu ini bekerja dengan Menggunakan Uap Raksa bertekanan rendah dan Sebagai Pelopor Bentuk Lampu Pendar yang banyak digunakan saat ini. Setelah itu, Terdapat beberapa penemu Lampu pendar lainnya yang juga mematenkan Penemuan mereka, antara lain pada tahun 127 Jenis Lampu Pendar bertekanan tinggi dipatenkan oleh Edmund Germer, Friedrich Meyer, dan Hans Spanner. Kemudian pada tahun 141 George Inman yang bekerja sama dengan GE (General Electric) mematenkan Lampu Pendar yang lebih Praktis dan menjadi dasar pembuatan Lampu pendar modern.

mengenal jenis Lampu dan penemunya
Lampu Mercury

3. Lampu Mercury

Lampu Merkuri merupakan jenis lampu yang dapat menyala menggunakan sumber tenaga senyawa merkuri yang memicu adanya loncatan gas didalam sebuah tabung kaca sehingga dapat menghasilkan cahaya. Lampu jenis ini memiliki kelebihan karena memiliki efisiensi yang tinggi, Cahaya yang lebih baik dan terpusat, serta masa pakai yang lebih lama. Lampu ini pertama kali ditemukan oleh Seorang Insinyur yang berasal dari Amerika “Peter Cooper Hewitt“.

siapa penemu lampu
Lampu LED

4. Lampu LED

Lampu LED (Light Emitting Diode) merupakan Jenis Lampu yang tersusun dari beberapa Diode pancaran cahaya (LED). Jenis Lampu ini memiliki berbagai kelebihan dibanding jenis lampu lainnya.

Artkel Terkait  Jadwal perawatan Oil Transformator (Trafo) lengkap

Lampu LED Memiliki masa pakai yang lebih panjang, Konsumsi Daya yang jauh lebih kecil (Hemat Listrik), Lebih Ramah Lingkungan, Kualitas Cahaya yang lebih baik.

Lampu LED pertama kali ditemukan oleh Seorang Profesor dan Ahli Fisika dari California bernama Shuji Nakamura bersama Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano. Mereka menciptakan jenis Lampu LED berwarna Biru yang memiliki Efisiensi lebih baik dan menjadi Dasar pembuatan LED berwarna Putih, dengan cahaya yang sangat terang dan Hemat energi.

bagaimana sejarah awal mula lampu ditemukan
Lampu Halogen

. Lampu Halogen

Salah satu Jenis Lampu Lainnya yang cukup Populer adalah Lampu Halogen, Lampu ini merupakan jenis Lampu Pijar yang lebih disempurnakan, Lampu ini Pertama kali di patenkan pada Tahun 19 oleh Elmer Fridrich dan Emmett Wiley. Kemudian pada tahun 160, salah satu Insinyur dari General Electric bernama Fredrick Moby menemukan, selanjutnya pada tahun 162, General Electric mematenkan lampu busur yang disebut lampu “Multi Vapor Metal Halide”.

Semoga bermanfaat